Jenis-jenis char Blacksmith serta Build char Blacksmith Toram Online

Tidak dapat di pungkiri lagi kebutuhan akan peralatan senjata maupun armor di Toram Online sangat di butuhkan oleh para pemain. Dan tidak sedikit pula yang menginginkan equipment yang di hasilkan dari NPC maupun drop dari boss atau monster lainnya.


Di Toram kita bisa memiliki lebih dari 1 char dan kita bisa memanfaatkannya untuk membuat char Blacksmith. Char Blacksmith ada berbagai jenis dan macam-macamnya yang bertugas sebagai membuat equipment yang berbeda-beda. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengetahui macam-macam char Blacksmith yang ada di Toram, berhubung update kemaren Toram mengeluarkan job baru yaitu Katana yang berarti akan ada tambahan jenis di Blacksmith Toram.

Di postingan ini akan memberi tau macam-macam char blacksmith dan mengajarkan kalian bagaimana cara membuat char blacksmith. Tidak hanya untuk kebutuhan equipment kalian, namun kalian dapat mendapatkan spina dengan cara menjual hasil equipment yang kalian ciptakan.

Berikut Jenis-jenis char Blacksmith serta Build char Blacksmith Toram Online

Jenis-jenis Blacksmith Toram


Sebelum beranjak untuk membuat char Blacksmith ada baiknya kalian mengetahui jenis-jenis Blacksmith yang ada di Toram Online. Pada umumnya di Toram jenis char blacksmith di urutkan berdasarkan point base stat yang di gunakan, yaitu
  • STR
  • INT
  • VIT
  • AGI
  • DEX
Yang berarti pada dasarnya char blacksmith ada 5 macam. Namun yang terpenting dalam membuat char Blacksmith adalah potential yang di hasilkan. Dan tiap-tiap base point stat yang di tambahkan akan menghasilkan potential di equipment yang berbeda.

Ingat di Toram Online kalian tidak diharuskan untuk mengikuti aturan yang berlaku, Toram Online memberikan kebebasan pada para pemain untuk dapat berkreatifitas semaunya, sehingga banyak para pemain yang memodifikasi char Blacksmith yang di miliki, sehingga masih terdapat banyak jenis blacksmith yang bisa di buat. Contohnya dengan menggabung 2 stat dalam 1 char yaitu, BS STR dan DEX dalam 1 char.

Potential


Apa itu potential? Potential atau pot yang terdapat di senjata maupun armor itu seperti wadah yang di gunakan untuk mengisi stat (fill stat) pada equipment, semakin banyak jumlah potential maka akan semakin bagus. Dan di sini sebagai char blacksmith kalian harus bisa menciptakan equipment dengan jumlah potential yang idel.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Mengisi Status (Fillter Status) Pada Equipment Toram Online

Potential sendiri di dapatkan berdasarkan base point stat yang kalian isi dan tiap base point yang di isi akan menambahkan potential untuk equipment yang berdeda, kalian bisa melihatnya di bawah ini untuk mengetahuinya.

STR
- Setiap 10 stat STR menambah 1 potential untuk 2H
- Setiap 20 stat STR menambah 1 potential untuk 1H, Bow dan Halberd

INT
- Setiap 10 stat INT menambah 1 potential untuk Staff
- Setiap 20 stat INT menambah 1 potensial untuk Magic Device

VIT
- Setiap 10 stat VIT menambah 1 potential untuk Armor

AGI
- Setiap 10 stat AGI menambah 1 potential untuk Knucle
- Setiap 20 stat AGI menambah 1 potential untuk Halberd, Magic Device dan Katana

DEX
- Setiap 10 stat DEX menambah 1 potential untuk Bowgun
- Setiap 20 stat DEX menambah 1 potential untuk 1H, Bow, Katana

Jadi misalkan kalian ingin membuat chat blacksmith STR maka kalian bisa membuat equipment 2H, 1H, Bow dan Halberd. Apakah bisa membuat armor? Bisa saja namun potential yang di hasilkan tidak akan banyak.

Bisa dilihat kalau 2H merupakan unggulan dari char BS STR, jadi ketika stat str full (255) ketika membuat 2H potential yang di hasilkan akan bertambah +25. Dan untuk 1H, Bow dan Halberd akan menambahkan potential +12 dari base potential di equipment. Namun itu akan berjalan lancar ketika kalian sukses dalam membuat equipment dalam artian tidak pecah.

Tidak hanya itu ketika sukses biasanya kalian akan ditambahkan bonus potential. Ketika tidak mendapatkan slot akan mendapat bonus 2/3 tambahan potential, ketika 1 slot bonus 1/2 potential dan ketika 2 slot tidak akan mendapatkan bonus, namun kadang-kadang kalian bisa mendapatkan bonus atau bahkan tidak mendapatkan bonus potential ketika mendapatkan slot maupun tidak. Itu semua tergantung keberuntungan kalian.

Contohnya disini BS full STR (255) sisa tech, dan ingin membuat Sinergatis (2H)


Bisa kita lihat bahwa Sinergatis (2H) memiliki base potential 32, dan ketika sukses maka potential akan menjadi 32+25+bonus = 57-60 potential.

Dan ketika BS full DEX (255) ingin membuat Kuro Tsurubami (Katana)


Kuro Tsurubami memiliki base potensial 31, ketika sukses maka potensial akan menjadi 31+12+bonus = 43-45 potential.

Namun ketika memiliki char blacksmith dengan point DEX 240 dan AGI 130 dan membuat Kuro Tsurubami (Katana), maka saat sukses potential akan menjadi 31+12+6+bonus = 49-53 potential

Bagaimana ketika gagal atau pecah? Potential yang di hasilkan akan random atau acak.

Beberapa contoh gabungan Stat yang bisa kalian coba


STR (240) sisa DEX (130)
Menambahkan potential +24 untuk 2H
Menambahkankan potential +18 untuk 1H dan Bow
Menambahkan potential +12 untuk Halberd
Menambahkan potential +13 untuk Bowgun
Menambahkan potential +6 untuk Katana

DEX (240) sisa STR (130)
Menambahkan potential +24 untuk Bowgun
Menambahkan potential +18 untuk 1H dan Bow
Menambahkan potential +13 untuk 2H
Menambahkan potential +12 untuk Katana
Menambahkan potential +6 untuk Halberd

STR (240) sisa AGI (130)
Menambahkan potential +24 untuk 2H
Menambahkan potential +12 untuk 1H dan Bow
Menambahkan potential +18 untuk Halberd
Menambahkan potential +6 untuk Magic Device dan Katana
Menambahkan potential +13 untuk Knuckle

AGI (240) sisa STR (130)
Menambahkan potential + 24 untuk Knuckle
Menambahkan potential +18 untuk Halberd
Menambahkan potential +12 untuk Magic Devie dan Katana
Menambahkan potential +13 untuk 2H
Menambahkan potential +6 untuk 1h dan Bow

DEX (240) sisa AGI (130)
Menambahkan potential +24 untuk Bowgun
Menambahkan potential +18 untuk Katana
Menambahkan potential +12 untuk 1H dan Bow
Menambahkan potential +13 untuk Knuckle
Menambahkan potential +6 untuk Magic Device dan Halberd

AGI (240) sisa DEX (130)
Menambahkan potential +24 untuk Knuckle
Menambahkan potential +18 untuk Katana
Menambahkan potential +12 untuk Magic Device dan Halberd
Menambahkan potential +13 untuk Bowgun
Menambahkan potential +6 untuk 1H dan Bow

INT (240) sisa AGI (130)
Menambahkan potential +24 untuk Staff
Menambahkan potential +18 untuk Magic Device
Menambahkan potential +13 untuk Knuckle
Menambahkan potential +6 untuk Katana dan Halberd

AGI (240) sisa INT (130)
Menambahkan potential +24 untuk Knuckle
Menambahkan potential +18 untuk Magic Device
Menambahkan potential +13 untuk Staff
Menambahkan potential +12 untuk Katana dan Halberd

Silahkan hitung sesuai masing masing Stat yang kalian tambahkan.


Membuat Char Blacksmith


Stat
Sebelum membuat char blacksmith ada dua pilihan yang bisa kalian pilih yaitu, menggunakan point stat TEC atau tidak. TEC sendiri berguna untuk menambahkan dificulty dan meningkatkan sukses rate. Dificulty berguna untuk menaikan level proficiency blacksmith karena dengan dificulty yang lebih tinggi akan dapat membuat equipment di atas level proficiency dan tentu akan menaikan level proficiency lebih cepat.

Jika kalian ingin menggunakan TEC silahkan isi 20 point tech terlebih dahulu kemudian sisa ke base point stat yang di inginkan. Tetapi jika tidak ingin menggunakan TEC kalian harus menggunakan equipment dengan status yang menambahkan point DEX, karena DEX juga akan menambahkan difficulty. Jadi saat membuat BS DEX kalian tidak perlu menambahkan TEC tetapi jika ingin sukses rate yang lebih bisa di tambahkan sisanya ke TEC.

Itu semua berguna untuk menaikan level proficiency blacksmith. Jika kalian tidak menambahkan difficulty, saya jamin kalian akan kewalahan menaikan level proficiency. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca di sini Cara Cepat Menaikan level Proficiency Blacksmith

Jika kalian ingin menggabungkan 2 stat dalam 1 char blacksmith kalian bisa isi point stat utama 240 dan sisanya ke point stat kedua. Contohnya kalian ingin fokus membuat 1H dan Bow, kalian bisa menggabungkan point DEX 240 dan sisa ke STR. Tidak perlu TEC karena dengan DEX 240 sudah menambahkan 40 dificulty. Tentu kalian juga masih bisa membuat Bowgun tetapi potential hanya bertambah +24.

Skill Blacksmith
Untuk dapat membuat equipment ada skill yang harus kalian learn yaitu:


Smith Skill lv3
- Novice's Anvil lv 10
- Craftsman's Anvil lv 10
- Blacksmith's Anvil lv 10
- Create Equipment lv 10
- Careful Equipment lv 10

Skill-skill di atas merupakan skill wajib yang harus kalian learn untuk menjadi seorang blacksmith, untuk sisa point skill terserah kalian ingin gunakan untuk apa.

Leveling Proficiency Blacksmith
Setelah membuat char Blacksmith kalian tidak akan bisa langsung membuat equipment yang berada di leveling tinggi, oleh karena itu di butuhkan menaikan level proficiency blacksmith. Untuk menaikan level proficiency kalian bisa membuat equipment yang tersedia secara sabar. Siap-siap untuk berpetualang mencari bahan-bahan untuk membuat equipment hanya untuk menaikan level proficiency.

Baca juga : Cara Cepat Menaikan level Proficiency Blacksmith

Equipment Ideal


Menjadi seorang blacksmith tidak hanya fokus untuk menciptakan equipment dengan potential yang tinggi saja, namun jumlah + dari attack maupun defense dan slot atau tidak akan mempengaruhi nilai dari equipment yang kalian ciptakan.

Untuk mendapatkan equipment yang ideal kalian harus menguji keberuntungan kalian, jangan hanya menyiapkan bahan-bahan untuk membuat 1 atau 2 equipment saja, kalian harus membuatnya sebanyak mungkin.

Baca Juga : Cara Menambahkan Slot Pada Equipment Toram Online 

Kesimpulan

Ada banyak jenis-jenis char blacksmith, kalian bisa membuatnya sesuai keinginan kalian sendiri. Dengan mengetahui jumlah potential yang akan bertambah di tiap-tiap base stat, kalian seharusnya bisa mendapatkan bayangan tentang char blacksmith yang mungkin ingin kalian buat. Pertama memang akan sulit untuk memahaminya namun ketika kalian sudah lama di bidang blacksmith kalian akan mengetahuinya kalau ini memang mudah.

Share :

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Jenis-jenis char Blacksmith serta Build char Blacksmith Toram Online"

  1. Gan mau nanya, kalo bonus itu kan ada yg 2/3 ada yang 1/2, nah itu dikalikan ke mana ya? Apakah ke stat, level skill, base pot, atau kemana ya gan? Saya masih bingung
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tambahan potential yang di berikan ketika agan sukses membuat equipment dengan char Blacksmith, nambahnya +0/+1/+2/+3.

      Misalnya nih agan mempunyai char BS full VIT (255) dan sukses membuat armor.

      Seharusnya kan potential yang di hasilkan +25 (di hitung dari stat VIT 255). Dengan adanya tambahan potential yang di berikan maka akan menjadi +26/+27/+28.

      Biasanya tambahan potential itu dipengaruhi oleh equipment yang agan buat (memiliki slot atau tidak).

      Delete
  2. Gan emang gak bisa 1 akun menguasai semua skill yg ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa gan karena kita di berikan batasan SP (Skill Point).

      Delete
  3. gan kalo bs vit cuma nambahin vit 250+tech atau pake dex?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika akan hanya fokus untuk membuat armor maka isi TEC aja. stat TEC yang tinggi akan meningkatkan sukses rate dalam membuat equipment.

      Delete
  4. Apa ada update buat info diatas?
    25/4/2018

    ReplyDelete
  5. kalo bs armor vit full dan tech aja

    ReplyDelete
  6. kk kalo BS TEC juga nambah potensial g? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, stat TEC akan meningkatkan sukses rate dalam membuat equipment.

      Delete
  7. Apakah full luk berpengaruh untuk membuat equip 2 slot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tidak gan, equip 2 slot memang perlu keberuntungan tingkat tinggi hehe.

      Full luk juga tidak akan menambahkan potential pada equipment.

      Delete
    2. luk juga kan nambahin keberuntungan haha

      Delete
  8. Kak kalo fill stat sampai +17 itu gimana ya,saya full cuma bisa +5
    Walau potential masih banyak tetep aja ngk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Levelnya mungkin gan. Untuk lebih jelasnya baca disini gan.

      http://www.adoragames.com/2017/12/panduan-cara-mengisi-status-fillstat-toram.html?showComment=1531586097131#c4495176370265432322

      Delete
  9. Gan ane stat ane full in di tech,itu fungsi buat apa gan,, apa ane salah build,,

    Buat refline?,file stat?, create equipment?, Hahaha jadi bingung gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. BS full Tech bisa di gunakan untuk fill stat, refine dan syntesis equipment gan.

      Lebih lengkapnya bisa baca disini

      http://www.adoragames.com/2017/12/build-char-alchemy-dan-fungsinya-ditoram.html

      Delete
  10. gan kalo buat char blacksmith bagusnya ambil job apa?? , saya yang karakter utama udah ambil halberd dan farm udah ambil mage ,, nah buat blacksmith ambil apa gan?? agar senjata halberd saya makin sakit tujuannya gan

    ReplyDelete
  11. gam masih bingung nih ane..haruskah bikin char alchemy sendiri blacksmit juga sendiri atau di gabungin ke alchemy bisa.?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin dua bro,satu BS stat TEC+DEX/STR/VIT/AGI,satunya BS stat luck+INT buat grinding agar cepet

      Delete
  12. Untuk senjata kyk katana, halber, bow atau 1h gtu gmn biar dpt pt 60?

    ReplyDelete
  13. ribet amatttt, kmaren udah bikin malah stats full luck :v, untung baru lv 47

    ReplyDelete
  14. Kak, lvl char sy 133 full dex, sisa tech, waktu buat bow, p0t 50an saja, apakh lvl berpngaruh ?

    ReplyDelete
  15. Untuk mendapatkan pot 60+ di equip Bow, 1h, Katana, Halberd, MD agan harus menggabungkan 2 Stat yang menambahkan pot di equip tersebut.

    Contohnya ingin membuat Bow dengan pot 60+ maka statnya harus ada STR dan DEX.

    ReplyDelete
  16. gan kalo pengen pot 68 di arm gimana ya buildnya? ane liat buat fillstat C7%CD18CR18%CR18 syarat pot nya gede bgt, 68 baru rate succesnya 100%

    ReplyDelete
  17. klo cmn mau bikin adv garb doang gpp status spesial bukan tech??

    ReplyDelete
  18. Kak fill stat kalok gk pakek stat tec bisa apa gak?

    ReplyDelete
  19. Silahkan yang mau join grup chat wa, untuk newbie ataupun player lama, di grup ini kita saling berbagi informasi ataupun pengalaman bisa klik disini https://chat.whatsapp.com/EvUrGRf0k9Z5hyTA8h6oGb terimakasih :)

    ReplyDelete
  20. Gan kalo equip kita ada stat vit+ nambah potensi pada arm yg kita buat gak?

    ReplyDelete
  21. Gan, ada trick cara dpetin 2slot gak ?

    ReplyDelete
  22. Bang Kalo Potensi nya 0 Udah Gabisa Di refine?

    ReplyDelete

Pembaca Yang Baik Akan Meninggalkan Komentar Dengan Sopan dan Bijak.

- Berkomentarlah Sesuai Dengan Judul Artikel.
- Dilarang Mencantumkan Link Aktif.

Jika ingin bertanya Silahkan Berkomentar, atau bisa kirim pesan ke Fans Page Facebook Adora Games.