Ini Fakta di Balik Kode Cheat dalam Video Game


Saat bermain game dengan tingkat yang lebih sulit, atau saat kalian bosan melakukan hal yang sama berulang kali di dalam game. Mati terus saat melawan boss? Gunakan cheat untuk membuatmu kebal. Kehabisan amunisi? Gunakan cheat untuk amunisi tak terbatas. Banyak sekali kode-kode cheat yang sering kita gunakan dahulu.

Cheat memang sudah ada sejak lama di dalam video game. Tetapi bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana cheat tersebut dapat menyebar luas? Apakah pengembang game memang secara sengaja memberikan cheat di dalam game tersebut, atau pengembang game tidak melakukan itu semua? Ada banyak sekali sejarah mengenai cheat dalam video game ini, dan disini saatnya kita mengungkap semua kebenarannya.

Berikut beberapa Fakta di Balik Kode Cheat dalam Video Game

Mereka Yang Memulainya dengan Keinginan dan Dorongan Bermain Curang


Cheat dimulai dari para gamer yang paham betul mengenai teknologi pada masa konsol game rumahan. Dengan memodifikasi dan menulis ulang nilai kode dalam memori video game, serta menambahkan nilai numerik lainnya sehingga mengubah gameplay video game tersebut.

Pemain melalui proses yang sulit untuk menemukan baris kode individual saat mereka di jalankan, lalu memodifikasi dan berharap nilai-nilai baru tersebut melakukan hal yang baru. Tidak banyak orang yang sukses melakukannya, bahkan mendapatkan banyak error hanya untuk membuat kalian mendapatkan cheat tersebut.

Merupakan Jalan Pintas yang Memungkinkan Semua Orang Melakukan Cheat, Bahkan dari Pengembang Game itu Sendiri


Cheat hanya untuk memberikan kalian keuntungan secara tidak adil, tetapi itu tidak selalu menjadi niat sebenarnya. Beberapa cheat di tambahkan ke dalam game sebagai jalan pintas sehingga para pengembang game bisa lebih mudah menavigasi permainan mereka selama pengujian. Cheat adalah cara cepat dan mudah untuk memutuskan permainan agar akses yang lebih mudah ke masing-masing tahap.

Cheat Menjadi Tenar dan Sering Dilakukan


Karena cheat telah banyak di ketahui dan akhirnya kode-kode cheat masuk ke dalam Majalah Video Game. Setiap majalah game di kalangan pasar memiliki bagian yang membahas dan mencantumkan setiap kode cheat yang di ketahui dari game yang sedang populer. Tidak hanya majalah video game saja, bahkan ada majalah yang hanya membahas tentang cheat game, yang berjudul Tips and Trick.

Dengan ini akhirnya muncul developer untuk mengembangkan cheat yang secara khusus memang di masukan ke dalam game oleh para pengembangnya. Yang dulu para pemain harus mencari tau cheat itu sendiri, membaca di majalan atau mendengarkan dari teman-teman

Kode Cheat dari Konami Yang Terkenal


Tidak dapat di ragukan lagi kode cheat dari Konami adalah kode cheat paling terkenal saat itu. Cukup menekan tombol atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A pada permainan shooter klasik dari Konami di tahun 1985.

Desainer Kazuhisa Hashimoto memberikan senjata tambahan yang dapat di kendalikan oleh pemain. Kode cheat tersebut awalnya tidak di buat untuk umum dalam pikirannya. Meskipun begitu Hahimoto melakukan itu untuk memberikan semua bantuan yang bisa di dapatkannya, karena dia tidak bisa mengalahkan game buatannya sendiri.

Namun beberapa tahun kemudian kode cheat tersebut di gunakan dalam mengembangkan game Konami lainnya. Sehingga kode cheat tersebut menjadi sangat terkenal, Konami memberikan kode cheat ke dalam puluhan judul gamenya.

Kode Cheat Yang Melawan Hukum


Tahun 1990'an adalah puncak era bermain game menggunakan cheat. Video game bergerak melampaui arus dan menjadi kekuatan utama dalam bidang hiburan. Dengan tingkat kesuksesan yang baru dan mendapatkan sorotan dari berbagai kalangan, bahwa kode cheat di gunakan sebagai celah yang cerdik.

Ketika game Mortal Kombat mendapatkan kecaman dari para politisi dan dewan hukum, karena menggambarkan grafis tentang kekesaran dan penuh dasar yang sadis. Akhirnya para pengembang Mortal Kombat terpaksa menghapus beberapa bit dari gamenya. Mortal Kombat bebas dari adegan penuh darah dan sadis. Namun sampai ada seseorang pemain yang memasukan kode cheat A, B, A, C, A, B, B yang mengembalikan itu semua dimana game yang penuh darah dan adegan sadis.

Dan Kemudian Cheat Menjadi Aneh


Seiring berkembangkannya cheat dan menjadi semakin populer, banyak cheat yang beredar untuk mengubah permainan dengan cara yang lebih lucu dan konyol daripada di gunakan untuk lebih berguna. Contohnya cheat yang berguna untuk membesarkan kepala, sangat konyol tetapi banyak menerima pujian untuk mempopulerkannya masuk ke seri NBA Jam.

Cheat mengubah kepala menjadi lebih besar tidak memberikan keunggulan dalam strategi apapun, namun kemudian cheat seperti itu muncul dalam ratusan game. Dimana kode cheat paling berguna akan memberikan keuntungan ke pemain secara tidak adil, seperti beberapa cheat dalam game GTA atau Grand Theft Auto. Namun pengembang Rockstar menambahkan kode cheat yang dapat membuat pemain di kejar-kejar oleh polisi maupun warga kota untuk hiburan lainnya.

Game Genie dan GameShark Membuat Semuanya Menjadi Mudah


Populalitas cheat telah mencapai puncaknya ketika sebuah perusahaan mulai membangun perangkat keras agar pemain mudah untuk memasukan cheat mereka ke dalam game. Cukup dengan masuk ke Game Gennie dan GameShark.

Kedua Perangkat Keras tersebut akan masuk ke antara konsol dan video game, dan memberikan pilihan untuk memasukan cheat yang diinginkan dan kemudian mengaktifkan cheat tersebut. Adanya Game Genie dan GameShark membuat cheat lebih mudah di gunakan dari sebelumnya.

Kode Cheat Memaska Nitendo untuk Memicu Perubahan dalam Melakukan Cheat 


Tidak heran jika pihak Nitendo menuntut Codemasters sebagai pengembang Game Genie. Nitendo mengklaim bahwa perangkat tersebut menciptakan turuan ilegal dari game aslinya. Dan ketika kasus ini selesai, komunitas game ditafsirkan sesuatu hal yang penting yaitu, memodifikasi game setelah pembelian secara legal.

Game Genie dan GameShark pada umunya merupakan mod pada game klasik 8 dan 16 bit secara real time. Dan jika itu legal. Komunitas modding di dunia game saat ini berhutang pada Codemasters.

Internet Menggeser Majalah Populer Tersebut


Semakin berkembangnya populalitas internet di dunia, dan kode cheat menjadi digital membuat sebagian besar penghasil uang mereka sedikit tergeser. Majalah video game menerbitkan seluruh majalan yang membahas game sementara saat ini ada situs yang dapat di akses dengan membahas cheat dalam game tersebut yang tersedia secara 24 jam penuh.

Ini adalah Dunia Penuh Mod


Kode cheat telah mulai punah. Kode cheat akan selalu ada dalam bentuk atau lainnya. Saat ini dengan adanya mod yang lebih praktis dan dapat membuat hal-hal yang menarik dan tidak biasa dari game sebelumnya. Sehingga tidak perlu mencari kode dan memasukan kode cheat untuk mendapatkan itu semua.

Itulah Fakta di Balik Kode Cheat dalam Video Game. Mungkin dulu kode-kode cheat sering di gunakan untuk melakukan kecurangan, tetapi nyatanya kode cheat tidak selalu untuk berbuat curang bahkan dapat membuat hal-hal konyol untuk mengatasi rasa bosan dalam bermain game.


Share :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Fakta di Balik Kode Cheat dalam Video Game"

Post a Comment

Pembaca Yang Baik Akan Meninggalkan Komentar Dengan Sopan dan Bijak.

- Berkomentarlah Sesuai Dengan Judul Artikel.
- Dilarang Mencantumkan Link Aktif.

Jika ingin bertanya Silahkan Berkomentar, atau bisa kirim pesan ke Fans Page Facebook Adora Games.