Cara Cerdas Menjual Item dan Equipment di Toram Online

Agar char memiliki damage yang besar, kalian memerlukan equipment yang bagus dan untuk mendapatkan equipment yang bagus kalian harus mempunyai spina.


Untuk mendapatkan spina kalian bisa memulainya dari menjual item item dan equipment yang ada di Toram Online. Namun sistem Toram Online yang terbilang cukup rumit, mungkin akan menyusahkan para pendatang baru tentang bagaimana cara menjual iten dan equipment.

Ada 4 cara yang bisa kalian pilih untuk menjual hasil item kalian. Dan bagi kalian yang bingung, langsung saja berikut Cara Cerdas Menjual Item dan Equipment di Toram Online.

Baca Juga : Cara Licik Mendapatkan Spina Toram Online (Sekalipun Kamu Tidak Memiliki Apa-apa untuk Dijual)

1. Menjual Item dan Equipment di NPC



Di saat Tas kalian penuh, dari pada sayang item item di buang begitu saja mending kalian jual ke NPC. Ada 2 NPC yang bisa kalian temui untuk menjual item dan equipment kalian, yaitu.

General Store : Sololo di Sofya City
General Store : Mutoto di El Scaro

Cukup ajak bicara NPC, dan pilih Sell Item, kemudian pilih item atau equipment yang akan di jual, dan kalian akan mendapatkan Spina dari NPC.

Akan tetapi NPC tidak akan memberikan nilai jual yang tinggi, oleh karena itu saya sarankan untuk tidak asal menjual item di NPC, siapa tau item yang harusnya memiliki nilai jual yang mahal malah terjual murah di NPC.

Untuk mengetahui item atau equipment yang murah atau mahal kalian baca poin selanjutnya.

2. Menjual Item dan Equipment dengan Memasangnya di Board / Papan



Cara kedua adalah cara yang paling banyak di gunakan oleh player Toram Online. Yaitu melalui Consigment Board, jika kalian sedang berada di pusat Sofya City atau El Scaro, kalian akan menemukan sebuah Papan yang di kerumuni oleh banyak player. Ya mereka sedang menjual, membeli atau melihat lihat item atau equipment di Board.

Kalian bebas menjual item kalian di sini, setiap player akan di batasi maksimal 10 item yang bisa di jual. Caranya tinggal Pilih Register/Collect, kemudian pilih 1 kolom register, lalu pilih item kalian yang ingin di jual beserta jumlahnya, kemudian tentukan harga yang ingin kalian pasang dan kemudian pilih Register.

Centang All Users jika kalian ingin item kalian di tampilkan di seluruh server dengan catatan membayar Tax atau pajak yang lebih besar. Jika tidak di centang, item kalian akan tampil di Server kalian berada saja, contohnya hanya tampil di Server Indonesia dan tidak tampil di Server International atau Inggris atau Server lainnya.

Sebelum menentukan dan memasang harga, kalian harus memperhatikan item yang serupa terlebih dahulu, supaya kalian tidak salah dalam menentukan harga. Caranya Pilih Menu Registered Items, lalu urutkan item dari harganya, kemudian cari melalui nama item yang ingin kalian jual, dan setelah itu kalian akan melihat item yang serupa dengan harga dari player lain, samakan atau ubah sedikit harga kalian agar tidak salah atau merusak harga.

Ketika item kalian laku terjual dan di beli orang lain, kalian bisa mengambil spinanya di Menu Register/Collect.

3. Menjual Langsung ke Player Lain (Trading)



Saat pertama kali memainkan Toram sempat bingung dengan keadaan chat di Sofya? Terlebih lagi jika kalian berada di Server International, kalian akan melihat chat chat orang yang tidak bisa di mengerti oleh pemula.

Mereka semua yang melakukan chat itu adalah mereka yang sedang menjualan atau membeli item. Kalian pun juga bisa ikutan meramaikan chat di sofya untuk menjual item kalian, namun pilihlah item yang banyak di gemari, karena item item biasa jarang laku menggunakan cara ini.

Caranya ubah Chat Type ke Shout kemudian mulailah tulis item atau equipment yang ingin kalian jual dengan singkat-singkatkan di Toram Online. Contohnya :

S>AnnivBG V 115+B A7CDCC14 (BK) 3,5m

Singkatan di atas mengartikan Sell Anniversary Bowgun V Attacknya 115 Refine B dengan Status Atk7% Critial Damage +14 Critical +14% Critical +14 serta berisi Slot yang di isi Xtall Black Knight of Delusion dengan harga 3,5m.

Singkatan S untuk Sell (Menjual) dan B untuk Buy (Membeli)

Selagi melakukan Spam Chat di Sofya dan ada yang tertarik dengan barang yang kalian jual, kamu akan menerima Whisper darinya untuk bertanya lebih lanjut dan biasanya akan menawar barang yang kamu jual. Setelah deal silahkan janjian di ch beapa kemudian Trade ke player tersebut dan serahkan barang atau item dengan jumlah yang di sepakati, dan pembeli tersebut akan menukar itemmu dengan spina yang telah di tentukan.

Tidak hanya itu ketika kalian melihat shout yang ingin membeli item yang sama dengan item yang ingin kalian jual, kalian bisa whisper dia dan menawarkan item kalian padanya.

Lakukan cara ini di Server International karena lebih banyak orang disana.

Selalu periksa jumlah spina pembeli terlebih dahulu agar terhindar dari penipuan, dan cek item sebelum deal dalam trade ketika kalian ingin membeli sesuatu langsung dari player.

4. Memberikan Tanda dari Mood Message



Cara ini sama seperti diatas yaitu melakukan trade ke player lain, namun tekniknya berbeda. Jika sebelumnya melakukan Spam Chat di Sofya City, cara ini tidak melakukan itu. Dengan memanfaatkan fitur Toram yang baru yaitu Mood Message bisa kalian gunakan untuk menjual item lho.

Caranya cukup ke Menu> Community> Mood Message, kemudian tulislah singkatkan untuk menjual item kalian. Dengan begitu di atas kepala char kalian akan terlihat tulisan tersebut. Ketika di lihat oleh orang dan mereka tertarik, mereka akan whisper kalian.

Cara ini tidak begitu efektif namun bisa kalian coba supaya dagangan kalian laku.


Yap itulah Cara Cerdas Menjual Item dan Equipment di Toram Online. Sekarang kalian tidak akan bingung lagi bukan? Pilihlah metode yang kalian pikir cukup efektif untuk menjual item atau equipment kalian.

Baca Juga :  Panduan Bebas dari Kata Salah Untuk Menghasilkan Spina Jujur Toram Online

Share :

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Cerdas Menjual Item dan Equipment di Toram Online"

  1. Mau nanya... Knpa ada beberapa item yg tidak bisa di jual di papan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena item tersebut tertulis Untradable (tidak dapat di trade).

      Kalau ingin menjual item untradable agan harus melakukan syntesis pada item tersebut.

      Namun dengan catatan hanya bisa menjual App (tampilan) atau dye (warna) saja, stat pada item untradable tidak dapat di jual.

      Delete
  2. Cara jual item di papan market biar laku:harganya 1000spina lebih murah aja klo gitu pasti laku :v

    ReplyDelete
  3. Cara beli item orb pke spina yg d kota" gmn ya?

    ReplyDelete
  4. Caranya sama seperti di atas cuman bedanya kita yang akan menentukan harga dari item tersebut.

    Item Orb yang bisa kita beli adalah piercer (pembolong slot senjata / armor).

    ReplyDelete
  5. Apa aj yg harus d pencet? Aku gangerti maaf hehehe msih newbie

    ReplyDelete
  6. Admin tolong dijawab itu soal item npc.
    Yang bisa dijual di npc dengan daya jual tinggi.

    ReplyDelete
  7. request list item yg harga jualnya tinggi di npc dong...

    klo jual d papan, slot abis nunggu nya lama...
    klo shout, ngabisin waktu

    ReplyDelete

Pembaca Yang Baik Akan Meninggalkan Komentar Dengan Sopan dan Bijak.

- Berkomentarlah Sesuai Dengan Judul Artikel.
- Dilarang Mencantumkan Link Aktif.

Jika ingin bertanya Silahkan Berkomentar, atau bisa kirim pesan ke Fans Page Facebook Adora Games.